Minggu, 30 Januari 2011

Main Spontan Yuk....

Diposting oleh elda utami di 02.04
Ide bermain datang, bahkan di saat-saat tak diatur. Di depan cermin, saat mandi, selagi makan, bahkan ketika sakit di tempat tidur. Bermain bisa di mana saja, balita pun senang!

Di Depan Cermin kamar mandi.
Ide bermain: “Melukis Kaca” – Buka mulut, embuskan napas beberapa kali hingga embun terkumpul di kaca. Atau, jika mandi pakai air panas, embun otomatis akan terkumpul di kaca. Dengan jari, ajak balita menggambar hati, happy face, atau apa saja di atas embun.
Manfaat: Menggali imajinasi, motorik halus, dan mengenalkan ilmu pengetahuan sederhana.

Mandi.
Ide bermain: “Tarian Handuk”- Taruh handuk ukuran tidak terlalu besar di kepala, bahu atau disampirkan di leher. Atau, putar-putar handuk ke kiri dan ke kanan, lempar ke atas dan tangkap, lilit handuk menyerupai ular, lalu gerakkan tubuh sambil menyanyikan lagu Bangun Tidur atau lagu apa saja yang disukai anak.
Manfaat: Menggali imajinasi, melatih motorik kasar, dan mengasah emosi.

Makan.
Ide bermain: “Air atau Darat?” – Saat menikmati sayuran, minta anak menebak, sayuran berasal dari air atau darat. Lakukan juga saat makan ikan, daging dan sebagainya.
Manfaat: Mengenalkan pengetahuan dan jenis makanan.

Di Tempat Tidur.
Ide bermain: “Laju Perahuku” – Ajak balita di atas guling, minta dia menggerakkan kedua tangan untuk ‘mendayung’ seperti saat berperahu. Goyangkan tubuh ke kiri dan ke kanan, kadang-kadang berteriak, “Awas ombak besar! Basah, deh!” Bisa juga katakan, “Sssstt, pelan-pelan mendayungnya, di sana ada ikan duyung sedang bermain. Halo ikan duyung, numpang lewat ya…”
Manfaat: Mengasah imajinasi dan motorik halus.

Sedang Sakit Pilek
Ide bermain: “Tisu Lipat Lucu” – Saat dia pilek dengan satu boks tisu di sampingnya, jadikan tisu menjadi bentuk-bentuk lucu. Pastikan kedua tangan bersih sebelum melakukannya. Ajak anak melipat tisu menjadi segi empat, segi panjang, segi tiga, perahu, bola, dan biarkan dia melipat sesuai keinginannya.
Manfaat: Mengasah imajinasi, motorik halus dan mengenal bentuk.

sumber: http://www.ayahbunda.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar

 

rumahku sekolahku... Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez