Senin, 20 Desember 2010

10 Tips Memperbaiki Hubungan Dengan Buah Hati Anda

Diposting oleh elda utami di 19.06
Tips 1
CINTA ADALAH MODAL UTAMA. Cintai anak Anda apa adanya. Orangtua baik akan membuat anak merasa dirinya dicintai tak tak berhenti dicintai. Orangtua baik akan mencintai anaknya lepas bagaimana perilaku mereka. Meski, kadang mungkin Anda tak menyukai sebagian perilaku mereka, Anda tetap mencintainya. Tetapi sebenarnya, jika Anda mau jujur ada begitu banyak perbuatan anak yang baik dibandingkan yang tidak baiknya. Anak memang menjadi beban di satu sisi, tapi ketahuilah sebenarnya ada lebih banyak yang mereka berikan kepada kita setiap hari: senyuman, kegembiraan, atraksi joget dan nyanyinya.

MENGENALI KELEBIHAN ANAK ANDA dibandingkan dengan KEKURANGANNYA akan membuat Anda bangga pada anak Anda. Berantemnya mungkin membuat Anda pusing, tapi coba hey perhatikan sebenarnya mereka lebih banyak akurnya daripada berantemnya. Mungkin mereka juga menangis setiap hari, tapi sebenarnya lebih banyak waktu yang mereka habiskan tanpa air mata dibandingkan yang berurai air mata.

Tips 2
TEGASLAH PADA MEREKA. Bicaralah secara tegas kepada anak Anda setiap hari dan begitu mereka cukup umur dorong mereka untuk berbicara kepada diri mereka sendiri (mengajak berpikir tentang mengapa harus begitu dan begini).

Tips 3
TAK BERHENTI BELAJAR. Meningkatkan terus keterampilan pengasuhan Anda, dorong kemandirian anak Anda dan katakan padanya apa yang bisa dia akukan, daripada mengatakan yang tidak bisa ia lakukan. Seringkali tampak lebih cepat jika Anda yang melakukannya untuk anak Anda tetapi sebaliknya yang terbaik adalah biarkan anak Anda melakukannya sehingga ia dapat belajar dan menjadi lebih mandiri.

Baca buku-buku pendidikan anak diantara selain buku-buku lain yang Anda baca (kami menyediakan buku dengan judul "Sudahkah Aku Jadi Orangtua Shalih" dan "Yuk-Jadi Orangtua Shalih") dan setidaknya setahun sekali, hadiirlah seminar-seminar pendidikan anak.

Jangan pernah berkata TEORINYA MUDAH, PRAKTIKKNYA SUSAH. Perkataan ini membuat Anda terkungkung dan membuat Anda jadi semakin sulit berubah ke arah lebih baik. TAHUKAH ANDA, akan ada perbedaan pada diri kita dalam mendidik anak saat kita tak pernah baca buku pendidikan anak dan tak pernah ikut seminar dengan diantara kita yang sering baca buku pendidikan dan sering ikut seminar pendidikan.

Tips 4
SEDIAKAN WAKTU BERSAMA ANAK. Luangkan waktu untuk mendengarkan dan berbicara dengan setiap anak secara empat mata, ini adalah investasi terbesar yang dapat Anda buat dalam kehidupan anak Anda. Cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda mencintai mereka. Kalimat-kalimat positif dari Anda memang bermanfaat. Tapi tahukah Anda, membuat mereka berbicara dan bukan kita yang bicara dampaknya bisa jadi jauh lebih bermanfaat untuk kesehatan emosional anak kita. Mereka merasa diakui secara utuh dan penuh.

Tips 5
FOKUS KE DEPAN, KE ARAH POSITIF. Beritahu anak Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan bukan apa yang Anda tidak ingin mereka lakukan. Menggunakan metode pengasuhan positif, mengasuh lebih banyak berpengaruh dan mendapatkan hasil yang diinginkan lebih cepat. Ayah dan ibu, jika Anda tidak ingin anak Anda meninggalkan pakaian mereka di lantai berkatalah "Tolong gantung pakaianmu, nak." bukan "Jangan tinggalkan pakaianmu di lantai!"

Tips 6
MAAFKAN DIRI ANDA, TAPI TERUSLAH PERBAIKI. Biarkan diri Anda melakuakan kesalahan, Anda tidak akan pernah menjadi orangtua sempurna karena itu tidak benar-benar ada. Anda akan melakukan kesalahan, jangan khawatir, memaafkan diri sendiri dan belajar.

Tips 7
LAKUKAN SATU SAJA KEGIATAN MENYENANGKAN DENGAN ANAK. Ini adalah nasihat tentang pengasuhan. Lakukan setidaknya satu hal yang menyenangkan atau santai sejenak setiap hari, ini akan membantu Anda tetap segar dan memberikan Anda satu hari yang lebih menyenangkan.

Tips 8
BERIKAN PILIHAN PADA ANAK-ANAK. Mengatur situasi sehari-hari yang akan memungkinkan anak Anda untuk membuat pilihan, ini membantu dia mengembangkan kemandirian dan dapat mencegah banyak argumen di antara kalian berdua. Anak-anak berumur 18 bulan dapat diberikan kesempatan untuk memilih.

Tips 9
KONSISTEN! JANGAN ASAL CEPAT SELESAI. Yang penting berhenti nangisnya, tapi dengan cepat-cepat diajak ke warung atau di simpan di depan tv. Aduh… itu solusi yang merepotkan secara jangka panjang. Jangan membatasi diri dan konsisten dalam penerapan disiplin, bahkan jika Anda lelah. Sebuah solusi cepat pada hari ini sering menyebabkan masalah di masa mendatang.

Tips 10
CHILDREN SEE, CHILDREN DO! Perlu diingat bahwa anak Anda akan belajar lebih banyak dengan mencontoh daripada mendengarkan kata-kata Anda, sehingga cobalah memberikan contoh terbaik dalam segala hal. Jangan hanya membaca tips-tips pengasuhan di atas tapi harus mempraktikkannya. Pengasuhan yang baik membutuhkan tindakan.

by Yuk-Jadi Orangtua Shalih, Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, Tania Diana Rossa, Chris
on Tuesday, June 29, 2010 at 12:51pm

0 komentar:

Posting Komentar

 

rumahku sekolahku... Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez