Senin, 25 Oktober 2010

Tips Menyapih Balita

Diposting oleh elda utami di 19.09
Melihat tumbuh kembang si kecil memang begitu menyenangkan. Saat si kecil mencapai usia 2 tahun, saatnya untuk menyapih atau berhenti menyusui si kecil. Ada kalanya proses menyapih berjalan mulus namun adakalanya berjalan sulit. Beberapa tips buat bunda saat menyapih si kecil :
Ajak Bicara
Meskipun ia belum bisa mengerti sepenuhnya bahasa orang dewasa, cobalah selalu memberi pengertian perlahan-lahan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut. Sedikit-sedikit ia akan mengerti maksud kita.
Siapkan makanan atau minuman pengganti
Alihkan ke makanan atau minuman yang ia sukai saat ia meminta menyusu lagi. Siapkan makanan dan minuman tersebut di sisi tempat tidurnya.
Disiplin dan kuatkan niat
Jangan tergoda oleh rengekan si kecil, teguhkan niat anda untuk menyapih. Jika anda tidak disiplin, misalnya dua hari anda berhasil menyapih namun hari ketiga anda menyerah oleh rengekan si kecil. Hal ini akan membuat proses menyapih selanjutnya makin sulit.
Kurangi intensitas menyusui
Intensitas menyusui yang makin jarang akan membuat produksi ASI juga berkurang. ASI yang sedikit rasanya tidak seenak yang dulu sehingga perlahan si kecil akan berhenti menyusu dengan sendirinya.
Tidur Terpisah
Balita mau tidak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malam hari. Dalam hal ini perlu kerjasama ayah seperti menemani tidur, agar bayi tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.

sumber: http://www.okbangetz.com/tips-menyapih-balita/

0 komentar:

Posting Komentar

 

rumahku sekolahku... Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez