Selasa, 26 Oktober 2010

Supaya Anak Tidak Kecanduan TV

Diposting oleh elda utami di 01.13
Zaman sekarang sulit rasanya melepaskan anak dari layar televisi yang banyak menghadirkan berbagai program, termasuk yang tak seharusnya ditonton oleh anak-anak. Berikut tips agar orang tua dapat menjauhkan anak dari tayangan yang tidak seharusnya itu :
1. Batasi, berapa lama anak boleh menonton televisi
Misalnya, mereka boleh menonton televisi setelah semua pekerjaan rumah telah selesai dikerjakan, atau setelah istirahat siang. Pilihkan program mana yang  boleh dan layak ditonton oleh anak. Jangan biarkan mereka memilih sendiri, kalaupun mereka memilih sendiri, temani dan beri pengertian kenapa mereka dilarang menonton program tertentu.
2. Sibukkan anak dengan membaca
Banyak cara yang dapat dilakukan agar anak menyukai aktifitas membaca, antara lain mengajak mereka ke toko buku, perpustakaan, atau membuka situs anak-anak di internet. Karena jumlah perpustakaan di Indonesia masih sedikit, kita bisa membuatkan perpustakaan mini dirumah, dan minta anak untuk membantu mengelola perpustakaan tersebut.
3. Olahraga bikin anak lupa
Daripada menyalakan televisi, tak ada salahnya mengajak anak untuk berolahraga. Seperti, bersepeda keliling komplek di Minggu pagi atau sekadar berjalan kaki. Jika bosan dengan suasana komplek bisa mengajak anak ke stadion atau lapangan olahraga umum. Disana bisa melakukan berbagai aktifitas, seperti bermain bola, bermain tali dan sebagainya. Dijamin kegiatan ini akan membuat anak lupa pada televisi.
4. Yuk, Bermain
Dunia anak adalah dunia bermain, jadi ajak anak untuk melakukan aneka permainan. Anak pasti akan dengan senang hati ikut permainan dan melupakan remote televisi. Mintalah si kecil menyiapkan permainan, pasti mereka akan merasa gembira sekali.
5. Cari kegiatan kreatif lain
Kita sebagai orang tua diminta untuk kreatif menciptakan aneka permainan yang bermanfaat untuk anak. Aktifitas menggambar atau melukis bisa menjadi pilihan. Atau bermain peran, minta anak untuk memerankan tokoh tertentu dan tampil di depan anggota keluarga yang lainnya. Berikan hadiah untuk menambah semangat anak. Kunci agar anak tidak lagi terobsesi pada televisi adalah mengalihkan perhatian mereka. Temukan aktifitas yang disukai anak, dan ikut berpartisipasi bersama mereka, sehingga anak akan merasakan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya.

sumber: http://www.beritaterkinionline.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

rumahku sekolahku... Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez