Kamis, 21 Oktober 2010

Menjadi Super Mom?

Diposting oleh elda utami di 21.13
Bunda… 
Baru saja melahirkan dan harus bersiap untuk bekerja kembali?
Sedang bingung karena belum juga mendapatkan pengasuh untuk si kecil atau PRT untuk membantu membereskan rumah?
Menjadi ibu bekerja sembari tetap mengurus anak dan rumah bukanlah hal yang mudah. Apalagi, mencari pengasuh maupun PRT sangat sulit, tergantung rejeki dan jodoh masing-masing. Begitulah…
Sehingga, mau tidak mau, kita harus bersiap menghadapinya sendiri, sebelum semuanya menjadi berantakan.
Berikut ini ada cara-cara untuk membantu Bunda baru:

1.       Minta tolong saudara untuk membantu mengasuh
Biasanya sih Eyang, tapi tidak menutup kemungkinan menitipkan pada saudara yang mungkin tinggal di dekat rumah kita.

2.       Survey daycare terdekat
Banyak daycare yang menawarkan untuk membantu mengasuh anak kita, tapi mana yang paling cocok dan paling sesuai, tentu harus kita lihat dulu.

3.       Atur Rutinitas Bayi
Sesuaikan jadwal bayi dengan jadwal bekerja anda. Jam berapa harus dimandikan, menyusui, dsb. Jangan sampai mengerjakan semuanya sambil terburu-buru sehingga anak kita akan merasa terabaikan.

4.       Jangan Malas!!
Dimulai sejak pagi, persiapkan semuanya lebih awal. Buat jadwal rutinitas yang harus dijalani setiap pagi, untuk membantu kita mengurangi kebingungan dan terbuangnya waktu. Disiplin waktu, lakukan terus-menerus setiap hari sehingga akan menjadi kebiasaan.

5.       Segera kembalikan barang pada tempatnya
Walaupun terkesan sepele, tapi banyak waktu yang terbuang karena kita harus berpikir kembali ketika kita menaruhnya secara sembarangan. Dimana kita harus meletakkannya kembali, atau dimana kita harus mengambil kembali barang tersebut.

6.       Sederhanakan Tugas
Belanja tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup sekali untuk satu minggu. Masak dalam jumlah besar untuk dipanaskan kembali ketika ingin menyajikan. Bumbui terlebih dahulu ayam/ikan yang kita beli, sehingga akan menghemat waktu.  

7.       Minta tolong suami untuk membantu
Berbagi peran dengan pasangan, selain membuat kita lebih bersemangat bekerja, juga konon katanya akan menambah keharmonisan rumah tangga.

8.       Catat! Catat! Catat!
Problematika Ibu setelah melahirkan adalah sering lupa sehingga tidak terorganisasi dengan baik. Maka sebaiknya catat sebelum melupakannya kembali.

9.       Banyak bergaul dan meminta saran
Wawasan kita akan terbuka dengan banyak bergaul. Akan lebih banyak pilihan, ilmu, dan solusi yang bisa kita dapatkan.

10.   Tetap Berpikir Positif
Tetap yakin dan berusaha untuk menjalani dengan cara terbaik, karena masa-masa seperti ini tidak akan bertahan lama. Semua akan kembali normal setelah anak kita tumbuh besar, dan pastinya kita akan merindukan saat-saat indah ketika membesarkannya…

Bagaimanapun, semuanya butuh proses. Jangan sampai rumah tangga kita terbengkalai karena tidak adanya PRT. Sebaliknya, jadikan semuanya menjadi lebih nyaman dan indah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

rumahku sekolahku... Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez