Selasa, 19 Oktober 2010

Jenis-Jenis Kepribadian Anak

Diposting oleh elda utami di 19.04
Jika kita mengetahui tipe kepribadian anak kita, mungkin sedikit banyak kita bisa mengarahkan kemana masa depan anak kita akan diarahkan.

Jika kita mengetahui tipe kepribadian anak buah (pegawai kita), mungkin kita menempatkan posisi yang seharusnya dimana dia berada.

Jika kita mengetahui tipe kepribadian pimpinan kita, mungkin kita bisa menyesuaikan diri agar tercapai tujuan yang diinginkan bersama

Berikut saya berikan 9 tipe kepribadian yang dimiliki oleh orang-orang yang sukses dibidang bisnisnya :

1. The Advisor
Orang dengan tipe kepribadian ini sangat suka memberi nasehat, bantuan dan saran  kepada orang lain dan jika dia seorang pebisnis maka dia selalu beranggapan bahwa pelanggannya adalah selalu benar adanya dan dia selalu ingin menyenangkan pelanggannya. Kebanyakan dari orang tipe ini lebih suka menyibukkan kepentingan usahanya dan orang lain yang terkait dengan usahanya.
Contoh orang dengan tipe kepribadian Advisor adalah john W.Nordstrom pendiri Nordstorm

2. The Artist
Suka menyendiri namun mempunyai kreativitas yang tinggi, inilah orang yang mempunyai kepribadian ini. Orang ini cocoknya sich jadi desaigner, arsitek dan cocok juga terjun didunia periklanan.
Tunggu dulu, orang dengan kepribadian ini biasanya sensitif terhadap respon yang masuk walaupun misalnya kritik yang kita lontarkan bersifat membangun.
Contoh orang sukses dengan kepribadian ini adalah Scott Adams pendiri Dilbert.

3. The Analyst
Jika kita atau anak kita gemar dengan analisa maka itulah tipe kita atau tipe kepribadian anak kita. Biasanya orang dengan tipe ini suka memecahkan masalah dengan kemampuan ilmu pengetahuan, keahlian teknis maupun keahlian lain. Seorang analis biasanya hebat dalam memecahkan masalah.
Tapi hati-hati ada lho analisa yang tumpul atau tidak matang.
Contoh tokoh dengan tipe kepribadian ini adalah Gordon Moore pendiri Intel.

4. The Fireball
Penuh energi dan Optimis, penuh kehidupan adalah tipe orang dengan kepribadian ini. Orang disekitarnya merasa happy. Tapi hati-hati, jika kita melakukan komitmen yang berlebihan terhadap orang dengan tipe ini dan terlalu impulsif maka seimbangkan impulsif kita dengan rencana kerja yang jelas.
Contoh tokoh sukses dengan tipe ini adalah Malcom Forbes pendiri Forbes Magazine

5. The Hero
Kemauan dan kemampuan luar biasa yang dimiliki orang ini untuk memimpin suatu kelompok dengan melewati berbagai rintangan dan tantangan. Dengan kemauan dan kemampuannya yang luar biasa, orang dengan tipe ini akan lebih mudah mengumpulkan dan membuat suatu networking yang baik.
Jika kita mempunyai tipe kepribadian ini, disarankan untuk tidak mengobral janji dan menggunakan kekuatan untuk memaksakan kehendak, karena hal ini tidak akan berhasil untuk jangka waktu yang panjang. Sebaiknya kita berikan solusi kepada orang lain untuk memecahkan masalahnya.
Contoh tokoh sukses dengan tipe ini adalah Jack Welch , CEO GE

6. The Healer
Jika Anda seorang ”wira husada” (penyembuh), Anda bersifat pengasuh dan suka akan keharmonisan dalam lingkungan, maka Anda mempunyai kemampuan luar biasa untuk bertahan dan ketenangan dari dalam.
Namun biasanya orang dengan tipe ini sering menghindari realitas dan malahan selalu terlalu berharap. Sebaiknya gunakan skenario untuk suatu perencanaan.
Contoh tokoh sukses dengan tipe ini adalah Ben Cohen pendiri Ben & Jerri’s Ice cream.

7. The Improvment
Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini biasanya suka melakukan perbaikan-perbaikan untuk kemajuan mata pelajaran, karir, perusahaannya dan bahkan ingin ’memperbaiki dunia”
Orang dengan tipe ini biasanya mempunyai integritas dan dan etika yang tinggi. Namun orang dengan tipe ini cenderung menjadi perfectionis dan terlalu kritis terhadap orang lain.
Contoh tokoh yang mempunyai tipe kepribadian ini adalah Anita Roddick pendiri The Body Shop.

8.  The Superstar
Kharisma dan energi yang tinggi dari orang dengan tipe kepribadian ini membuat orang ini menjadi panutan dan sekaligus desegani oleh orang lain. Orang dengan tipe kepribadian ini biasanya cenderung pekerja keras (workaholics) dan senang akan kompetisi.
Contoh orang sukses dengan kepribadian ini adalah Donald Trump, CEO dari Trump hotels & Casino Resort.

9.  The Visionary
Visi dan pemikiran kedepan orang dengan tipe ini sangat tajam dan kadang sulit dipahami atau diterima orang kebanyakan dan orang dengan tipe ini selalu membuat rencana untuk menghindari semua tantangan yang akan membatalkan visinya.
Orang dengan tipe ini sering terfokus pada mimpinya dan jarang mau menerima relitas.
Contoh tokoh sukses dengan kepribadian ini adalah Bill Gates sang pendiri Microsoft Inc.
 
Nah, dari 9 tipe kepribadian ini kira-kira mana yang sesuai dengan kepribadian kita, istri, anak, teman, pimpinan kita.
Yang jelas semua orang dengan berbagai macam kepribadian berhak dan bisa meraih sukses, tergantung dari niat, visi, misi, darimana memulai, kapan memulai, bagaimana memulai dan bagaimana mendampinginya. Pokoknya PDCA lah (Plan Do Check Action)

sumber: http://crystalshineshop.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

rumahku sekolahku... Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez